Cara Meningkatkan Team Work di Era Digital
Team work atau kerja sama dalam tim adalah sebuah skill yang harus dimiliki jika seseorang berada dalam lingkungan kerja yang mengharuskannya bekerja bersama-sama dengan orang lain, terutama di dalam team. Team work melibatkan koordinasi, tanggung jawab, dan juga keterampilan masing-masing anggota tim untuk membuat hasil yang lebih baik dibanding jika dikerjakan secara individu. Melansir liputan6.com, dalam konteks profesional, team work adalah kerja bersama secara efektif dan efisien untuk menyelesaikan sebuah tugas atau proyek pekerjaan.
Team work yang efektif adalah saat terjadinya komunikasi yang baik, saling mendukung, berbagi ide, dan mengatasi tantangan bersama dapat terjadi. Dengan adanya team work yang efektif, diharapkan para anggota dapat memberikan kontribusi yang inovatif. Tak hanya berbicara tentang bekerja dalam kelompok, team work juga berbicara tentang bersinergi untuk kemajuan perusahaan.
Tantangan Team Work di Era Digital
Di era digital ini, memiliki tim yang sukses adalah impian dari semua pemimpin. Teknologi yang tinggi dapat mempermudah tim untuk berkomunikasi dan kolaborasi, baik secara virtual maupun tatap muka. Namun apakah betul semudah itu? Dilansir dari bestgift.com.hk, di masa kini perusahaan harus bisa beradaptasi dengan konsep baru dari realitas, menghadapi berbagai tantangan, dan juga melihat peluang yang ada.
Karakteristik karyawan di era digital memang cukup berbeda, mengutip artikel 7 Team Building Strategies for an Increasingly Technological World yang ditulis oleh Trawold (2024), teknologi memiliki kontribusi pada isolasi dan diskoneksi sosial. Para pekerja sekarang banyak yang memilih interaksi yang tidak face-to-face, sehingga mereka cenderung individualis dan sulit untuk memunculkan rasa kerja sama dengan yang lainnya.
Selain itu, tantangan lainnya adalah tidak semua orang memiliki akses yang merata terhadap sumber daya teknologi dan edukasi terhadap teknologi tersebut. Ada kesenjangan digital yang muncul antara mereka yang memiliki literasi digital yang tinggi dengan mereka yang tidak memilikinya. Karena itu sebagai team leader, kita harus bisa menggunakan teknologi tersebut untuk memantik jiwa team work yang akhirnya memantik kolaborasi dari individu-individu digital ini.
Meningkatkan dan Membangun Team Work dengan Efektif
Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan baik sebagai team leader maupun tim HR agar dapat meningkatkan solidaritas dan kerja sama bagi para karyawan di era teknologi terkini, yaitu:
- Memanfaatkan teknologi sebaik-baiknya. Gunakanlah tools yang ada dengan semaksimal mungkin seperti pesan instan, konferensi video, scheduling, dan lainnya untuk melakukan tracking secara real time. Saat melakukan tracking, jangan lupa untuk berinteraksi langsung melalui tools tersebut. Karena itu, gunakanlah tools yang mudah dipakai dan memenuhi kebutuhan tim Anda secara spesifik. Lakukan training untuk memastikan bahwa semua anggota tim dapat menggunakan tools-tools tersebut.
- Gunakan kesempatan untuk berinteraksi secara langsung. Di dunia yang didominasi oleh e-mail, pesan instan, Zoom, dan teknologi lainnya, interaksi tatap muka sangatlah berharga. Lakukan team building secara berkala dengan kegiatan yang memiliki makna, misalnya cara membangun kepercayaan satu sama lain, empati, pengertian dengan anggota tim, hingga memperkuat ikatan satu dengan yang lainnya.
- Tanamkan komunikasi yang terbuka. Di antara keterbatasan komunikasi karena mungkin kalian bekerja jarak jauh, keefektifan komunikasi tetaplah penting. Dengan menanamkan komunikasi yang terbuka, anggota tim akan merasa lebih nyaman dalam mengekspresikan ide-ide, kekhawatiran, dan feedback satu sama lain. Komunikasi yang luwes dan terbuka juga akan menanamkan rasa empati dan pengertian di dalam tim, sehingga mereka tak sungkan untuk berkolaborasi dan menyelesaikan masalah bersama-sama jika suatu saat menemui hambatan.
- Luangkan waktu dan fleksibel. Bekerja di era digital yang memungkinkan orang untuk bekerja secara remote memang memiliki berbagai keuntungan dan juga tantangan. Sebagai pemimpin atau tim HR, Anda harus mengerti pola bekerja anggota tim anda, dan mendukung mereka dengan menyediakan waktu bekerja yang fleksibel. Dengan begini, anggota tim akan memiliki work-life balance dan merasa senang. Jika ia nyaman bekerja di perusahaan Anda, tentu ia akan memiliki performa kerja yang tinggi.
- Hargailah keberagaman dan inklusivitas. Anggota tim Anda pasti memiliki perbedaan satu sama lain, bisa jadi mereka dari kota atau negara yang berbeda-beda. Karena itu, rangkullah keberagaman mereka dan segala bentuknya. Ciptakan lingkungan yang inklusif, di mana setiap anggota tim akan merasa dihargai dan dihormati. Hargai perspektif dan kontribusi unik yang dibawa oleh masing-masing individu dari latar belakang yang beragam, sehingga anggota tim yang lain juga dapat belajar dari Anda dan bisa saling menguatkan satu sama lain.
- Tunjukkan rasa terima kasih pada anggota tim. Apabila ada anggota tim yang memiliki performa baik atau prestasi terbaru, Anda harus mengapresiasi mereka dengan memberikan hadiah ataupun menunjukkan rasa terima kasih dari dalam lubuk hati yang terdalam kepadanya. Jika seorang karyawan merasa diakui dan dihargai, ia akan lebih percaya pada perusahaan, lebih terbuka, dan pada akhirnya ingin meraih berbagai prestasi lagi. Tanyakan pada mereka apa yang dibutuhkan, atau berikan mereka aksesori-aksesori yang berbau teknologi. Dengan begini, mereka juga akan secara senang hati mengajak rekan-rekan kerjanya untuk menunjukkan performa yang sama baiknya.
Dengan melakukan tips di atas, semoga kerja sama antar anggota tim dapat terjalin dengan lebih baik. Ingatlah untuk selalu beradaptasi dan berinovasi di dalam dunia yang teknologinya semakin berkembang ini. Sesuaikanlah dengan cara Anda memperlakukan anggota tim, agar ikatan kalian semakin kuat dan perusahaan semakin maju dan berkembang.